Kamis, 25 April 2019

Kesehatan Jasmani dan Kecencerungan Kriminal

Kesehatan Jasmani dan Kecenderungan Kriminal 
dikutip dalam buku "Bagaimana Mengatasi Kesulitan Anda"
Karangan Ven.K.Sri Dhammananda

Pada kesempatan kali ini ada suatu tulisan dalam buku yang menurut saya menarik untuk dibahas, buku tersebut berjudul "Bagaimana Mengatasi Kesulitan Anda" karangan Ven.K.sri Dhammananda yang salah satu topiknya berjudul "Kesehatan Jasmani dan Kecenderungan Kriminal" (Hal.7). Topik yang sederhana ini hanyalah mengenai kesehatan batin, tapi memiliki pengaruh yang besar terhadap seluruh aspek kehidupan, silahkan disimak dibawah ini artikel singkat namun menarik untuk dipahami :


Dalam hubungannya dengan kesehatan, yang paling mengkhawatirkan di antara berbagai macam penyakit di zaman sekarang ini bukanlah TBC ataupun kanker. Saat ini TBC hampir tidak menjadi masalah dan mungkin tidak lama lagi ada harapan untuk menyelamatkan penyakit kanker. Yang mengkhawatirkan pada zaman sekarang ini adalah meningkatnya jumlah penderita yang disebabkan oleh ketegangan jiwa (gangguan kejiawaan).



Sehingga kita dipaksa untuk membuat lebih banyak rumah sakit dan lembaga - lembaga untuk para penderita gangguan kejiwaan dan berbagai macam gangguan saraf. Masih banyak lagi orang yang tidak menerima pengobatan walaupun sesungguhnya sangat membutuhkannya.

Hal itu mungkin dapat menjelaskan mengapa unsur kejahatan di dalam masyarakat disebutkan sebagai penderita gangguan jiwa. salah satu hasil yang telah dicapai sejauh ini berdasarkan hasil penyelidikan Freud adalah diketahuinya bahwa para pelaku kejahatan dan kenakalan merupakan orang - orang yang sakit jiwa, mereka lebih membutuhkan perawatan daripada sekedar hukuman. Hal ini merupakan pandangan secara terpisah pada persoalan kemasyarakatan yang maju dan membuka jalan untuk memperbaikinya, bukannya malah membalas dendam.



Video diatas bisa sebagai pelengkap bahwa sesungguhnya orang-orang yang memiliki gangguan jiwa itu bukan harus dijauhi, justru malah sebaliknya, kita harus memiliki empati kepada mereka karena adanya metta atau cinta kasih kepada semua makhluk hidup. Justru ketika kita melihat orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan jiwa, seperti stress atau depresi, harusnya orang tersebut diberikan dukungan dan pengertian tetapi bukan dijauhi. Karena gangguan jiwa yang berkepanjangan dapat memungkinkan adanya kecenderungan tindak kriminal (berdasarkan penelitian). Harusnya kita merasa iba atau kasihan, jika melihat teman kita melakukan tindak kejahatan atau misalkan saja melakukan pelanggaran pancasila Buddhis, karena adanya hukum alam atau hukum karma yang akan diterimanya dari perbuatan buruk itu. 

Maka itu jika kita melihat adanya tindakan-tindaka buruk atau bersifat kejahatan, bukan dilawan dengan kebencian, bukan ingin menghancurkan, bukan ingin melenyapkan, tetapi berusaha untuk memperbaiki mereka dengan kasih sayang (Bhante Pannavaro).



Semoga artikel diatas bermanfaat, masih banyak topik-topik yang akan dipublish dari buku "Bagaimana Mengatasi Kesulitan Anda" oleh Ven.K.Sri Dhammananda terbitan Yayasan Dhammadipa Arama.

sabbe satta bhavantu sukhitatta
"Semoga Semua Makhluk Berbahagia"

Mettacitena

Upasaka Kurnia Yosep Cahyadi "Candavamso"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Kesehatan Jasmani dan Kecencerungan Kriminal

Kesehatan Jasmani dan Kecenderungan Kriminal  dikutip dalam buku "Bagaimana Mengatasi Kesulitan Anda" Karangan Ven.K.Sri Dham...