Sabtu, 09 Maret 2019

Sekilas tentang Komunitas Sosial OTR (One Trip Reality)

One Trip Reality - Caring Community

di hari minggu ini saya ingin menceritakan kegiatan yang saya lakukan bersama Komunitas sosial OTR atau One Trip Reality - Caring Community. Saya sendiri baru bergabung dengan Komunitas OTR ini tepatnya pada tanggal 24 Oktober 2018 melalui sebuah group wa. One Trip Reality diketuai oleh Pak. Tan Kim Eng yang juga saat ini menjabat sebagai ketua Walubi DPD Kota Tangerang. Saya sendiri bersyukur dapat ikut kegiatan OTR karena OTR berfokus pada pelayanan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu dan selain itu di OTR juga ada jalan-jalan yang tidak hanya membangun spiritual batin kita agar lebih berkualitas tetapi juga diselipi dengan kegiatan sosial seperti bersih-bersih tempat ibadah. saya sendiri sudah beberapa kali ikut kegiatan OTR dan bersyukur bisa mengenal teman-teman baru yang tentunya baik-baik semua loh. Saya memang agak kesepian setelah ditinggal oleh kedua orang tua dan bertekad saya ingin memuliakan kedua orang tua saya setiap hari dengan cara berbuat baik. Berbuat baik tentu bisa melalui apa saja dan berbuat baik itu bisa dimulai dari pikiran kita terlebih dahulu, dengan memiliki pikiran yang baik, tidak memiliki niat jahat atau buruk, tentu kita dapat mengembangkan Metta atau cinta kasih universal terhadap semua makhluk hidup. Nah itu juga salah satu perbuatan baik, simple dan sederhana ya, dengan hanya mengembangkan cinta kasih kepada diri kita sendiri, kemudian kembangkan perlahan-lahan terhadap semua makhluk, kita sudah melakukan perbuatan baik, contohnya apa yaa..., misalkan saya mulai tidak membunuh nyamuk saat malam hari ketika mau tidur, malah mulai terbiasa digigit nyamuk hehe, namun yang saya lakukan dengan berusaha tidak menyakiti makhluk hidup seperti nyamuk adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih di badan saya atau tidur pakai kelambu. Nah di OTR adalah komunitas yang mengajarkan cinta kasih dan kasih sayang kepada sesama. 

Ini adalah salah satu kegiatan sosial yang sudah dilakukan oleh OTR yang telah saya ikuti pada tanggal 12 januari dan 19 januari 2019 sebagai rangkaian baksos Imlek.
Bakti sosial ini dilakukan kepada warga Kampung Simpak, Desa Jagabaya, Kec. Parung Panjang yang juga merupakan Umat Vihara Dharma Mulia.
Acara tanggal 12 Januari 2019 : pembagian Kupon untuk 250 paket kepada warga dan pembagian 10 paket kepada warga setempat sebagai bentuk simbolis.
Bersama Ibu Iche ong (Ke-2 dari kanan), Bpk. Tan Kim Eng (ke-1 dari kanan), dan Tim Relawan OTR.

Bersama emak yang usianya sudah tua dan pengliatannya sudah kurang baik, begitu indah saling berbagi. Dalam lubuk hati saya sebetulnya ingin menangis ketika membagikan sembako ke nenek ini, saya jadi teringat mendiang ibu dan emak saya. Semoga emak ini sehat selalu dan bahagia.
Saya juga diberi kesempatan untuk ikut membagikan sembako kepada warga, begitu juga semua tim relawan OTR juga kebagian ikut membagikan sembako kepada seluruh umat dan warga di kampung simpak, agar ikut berbuat baik dan merasakan kebahagiaan dari hasil berdana, yaitu sebuah kedamaian di batin masing-masing.

Acara puncak tanggal 19 Januari 2019 pembagian 240 paket kepada warga kampung simpak yang juga merupakan umat vihara dharma mulia.

Selain pembagian 250 paket sembako imlek, kami juga membagikan paket alat tulis kepada anak-anak sekolah minggu di Vihara dharma mulia.
dan tidak lupa kami juga berfoto bersama seluruh tim relawan OTR :)
Indahnya berbagi :)

Indahnya kebersamaan

Namun harus selalu disertai KESADARAN, karena ketika sadar kita tahu, bahwa semua ini tidak kekal, paket kebaikan yang kita berikan tentu tidak kekal, kita doakan agar mereka semua, baik yang muda maupun yang sudah tua renta selalu diberikan kesehatan dan bahagia selalu, semoga apabila ada jalinan karma yang baik, kita dapat melakukan kebaikan kembali disana.

ya itulah sekilas mengenai kegiatan OTR caring community yang tidak hanya bakti sosial saja ke umat vihara, kami juga bakti sosial di panti wredha, panti tuna grahita, bersih-bersih rumah ibadah, talk show, dan meditasi. Apabila anda ingin berdonasi sukarela untuk mendukung kegiatan OTR dapat mengubungi saya Kurnia di 0895-3289-03689. Terima kasih, bahagia selalu.

tak lupa diakhir cerita selalu saya limpahkan kebaikan yang saya lakukan dan kita semua lakukan tentunya untuk kebahagiaan orang tua kita, sanak saudara yang telah tiada, dan semua makhluk baik yang memiliki hubungan karma dengan kita langsung atau tidak langsung, semoga mereka semua berbahagia. 


Anumodana
Mettacittena

Kurnia "Candavamso"





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Kesehatan Jasmani dan Kecencerungan Kriminal

Kesehatan Jasmani dan Kecenderungan Kriminal  dikutip dalam buku "Bagaimana Mengatasi Kesulitan Anda" Karangan Ven.K.Sri Dham...